Tutorial menginstall Windows XP

rasa-rasanya kebanyakan orang sudah banyak yang pernah menggunakan Sistem Operasi Windows XP. Sistem Operasi keluaran Microsoft ini masih saja menjadi favorit walaupun sudah muncul Windows Vista. Hal ini disebabkan Windows Vista memiliki kekurangan diantaranya tidak semua software yang bisa diinstal di Windows XP dapat diinstal pula di Windows Vista. Kekurangan yang kedua adalah Windows Vista membutuhkan resource hardware yang cukup besar.
Meskipun Anda pernah menggunakan Windows XP, belum tentu Anda bisa menginstall windows XP atau memasang sistem operasi tersebut pada komputer Anda. Karena biasanya Anda yang bukan berlatar belakang TI tidak pernah ambil pusing untuk masalah instalasi Sistem Operasi. Tinggal panggil orang untuk menginstalasi Windows XP tersebut atau ketika membeli komputer baru Anda tinggal meminta penjual menginstal Windows XP. Bagaimana jika suatu saat komputer Anda tidak dapat digunakan karena sistem operasi Windows XP yang ada di dalamnya rusak? Di sini akan saya jelaskan sedikit cara melakukan instalasi Windows XP.

Pertama – tama

gak usah di utak-atik biosnya. biarin aja bios diload masukin CD WINDOWSnya, lalu Restart komputer, trus tekan-tekan F8 atau F10 atau F11 (boleh dicoba satu-satu) nanti bakal muncul opsi boot selection. pilih aja yg ada ‘bau’ cd-nya. trus enter. selesai deh…ga pake repot-repot…

1.  Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan “press any key to boot from CD” 

2.Tekan ENTER atau sembarang tombol, lalu proses instalasi akan mengecek hardware komputer anda, kemudian akan muncul tulisan “windows setup” seperti gambar dibawah ini

3. lalu file-file di dalam cd akan di load ke dalam komputer, kemudian akan muncul tampilan “welcome to setup” 

4. Tekan “ENTER” untuk menginstal windows xp, “R” untuk repair system windows yang sebelumnya pernah terinstal, “F3” untuk keluar dari proses instalasi

5. Tekan “F8” kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk anda, kemudian akan muncul semua partisi hardisk anda

6. Tekan “ENTER” untuk langsung menginstal windows, “C” untuk membuat partisi hardisk anda, kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan anda, dalam satuan MB, selanjutnya jika anda membuat partisi dengan menekan tombol “C”

7. Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin anda buat,

8. Kenudian tekan “ENTER”

9. kemudian pilih “format the partition using the NTFS file system (Quick)” atau “format the partition using the NTFS file system (Quick)” lalu tekan “ENTER”

10. Kemudian arahkan pointer pada posisi “unpartitioned space”, lalu tekan “C” maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar yang akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah anda bagi, jika anda cuma membagi 2 partisi saja maka langsung tekan “ENTER” tapi jika anda ingin mempartisi lagi sisa hardisknya maka tinggal di bagi lagi aj, seperti langkah-langkah sebelumnya, mengertikan maksud saya….??
setelah selesai partisi ketika anda menekan “ENTER” seperti yang di jelaskan di atas, maka akan muncul gambar sperti gambar diatas, setelah itu arahkan poiter di posisi C: partition1 [New Raw], tapi biasanya sudah berada di posisi tersebut, maka anda tinggal menekan “ENTER” saja untuk proses instalasi windows

11. Setelah selesai format, kemudian windows akan ,menyalin file untuk proses instalasi

12. Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart seperti gambar di bawah ini, dalam hal ini untuk mempercepat proses restart, anda bisa langsung menekan “ENTER”

13. selanjutnya proses instalasi windows di mulai 1..2..3…GOoooo sampai semuanya terinstall…

14. Isi nama dan organisasinya, terserah BOS aja… lalu tekan “NEXT”

15. Masukan serial nombernya, jangan sampe salah ya….!!! kemudian tekan “Next” selanjutnya akan muncul layar administrator, isi aja mau dinamain apa komputernya

16. Masukan settingan jam dan tanggal, tentukan juga time zone anda, untuk jakarta : pilih GMT+7 Klik “Next” lagi BOS…. setelah proses instalasi windows delanjutkan

17. jika komputer anda terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer anda stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan “Next”

18.  Selanjutnya akan muncul display setting, seperti gambar di bawah ini, klik “OK” aja

19. Kemudian windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, Klik “OK”

20. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini, tekan “Next”

21. Selanjutnya akan muncul layar “Help Protect Your PC”, seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih “Not Right Now” lalu tekan “Next”

22. Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda, Namun jika satu akun sudah cukup, atau Anda menginstall komputer untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik “Next”

23. Proses instalasi windows selesai,  klik “finish”, maka proses instalasi selesai…..

selamat mencoba😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: